Rabu, 24 Oktober 2018

E-commerce & E-bisnis

A. PENGERTIAN E-COMMERCE

     Menurut Shim, Quershi, Siegel dalam buku M. Suyanto, Electronic Commerce (e-commerce) merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada World Wide Web Internet.

B. MANFAAT E-COMMERCE
1. Memperluas market place hingga ke pasar nasional dan international.
2. Menurunkan biaya pembuatan, pemrosesan, pendistribusian, penyimpanan dan pencarian informasi yang menggunakan kertas.
3. Memungkinkan pengurangan inventory dan overhead dengan menyederhanakan supply chain dan management tipe “pull”.
4. Mengurangi waktu antara outlay modal dan penerimaan produk dan jasa.
5. Mendukung upaya-upaya business process reengineering.
6. Memperkecil biaya telekomunikasi – internet lebih murah dibanding VAN.
7. Akses informasi lebih cepat.


C.  Ciri & Karakteristik E-Commerce : 
 
1. OTOMATISASI, proses otomatisasi yang menggantikan manual (“enterprise resource planning” concept). INTEGRASI, proses terintegrasi yang akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses (“just in time” concept).
2. PUBLIKASI, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan (“electronic cataloging” concept).
3. INTERAKSI, pertukaran data atau informasi antar berbagai pihak yang akan  meminimalkan “human error” (“electronic data interchange/EDI” concept).
4. TRANSAKSI, kesepakatan antara 2 pihak untuk melakukan transaksi yang melibatkan institusi lainnya sebagai pihak yang menangani pembayaran  (“electronic payment” concept).    
 

D. PENGERTIAN E-BISNIS

E-bisnis (Inggris: Electronic Business, atau "E-business") dapat diterjemahkan sebagai kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem informasi komputer. Dapat juga di artikan Pemanfaatan Internet untuk menciptakan operasi bisnis secara online. e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi.

 E.  Manfaat dan Hambatan E-Bisnis

a.         Manfaat E-bisnis:
a)      Bagi Perusahaan Atau Pebisnis Perorangan
o   Memperpendek jarak
o   Perluasan pasar
o   Perluasan jaringan mitra kerja
o   Biaya terkendal
o   Efisien
o   Cash flow terjamin
o   Manfaat lainya
b)      Bagi Konsumen
o   Efektif
o   Biaya terkendali
o   Aman secara fisik
o   Harga murah
o   Fleksibel
c)      Bagi Masyarakat Pada Umumnya
o   Peluang kerja baru
o   Wahana kompetisi
d)     Bagi Dunia Akademis
o   Tantangan baru
o   Para peneliti tertantang untuk melakukan analisis terhadap pergeseran pola bisnis.
o   Membuka kerangka baru dalam penjualan jasa pendidikan
E.    Komponen Dasar E-Business

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas E-Business tersebut, dibutuhkan komponen-komponen sebagai berikut:


a.   
Alat pembayaran.
b.  
Virtual Shop yang dibangun dalam sebuah home pages.
c. 
Jalur pembelanjaan yang jelas agar dapat memberi jaminan terhadap perusahaan penjual produk untuk memperoleh pembayaran dari pembeli.







DAFTAR PUSTAKA :
lhttp://ringgaputraherysta.blogspot.com/2015/07/makalah-sistem-e-commerce-dan-e-business.html
http://rhyoeozonit29tugaskuliah.blogspot.com/2015/03/contoh-makalah-e-bisnis.html

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar