Rabu, 21 November 2018

Cloud Computing

Sejarah Cloud Computing

Dunia computer yang pertumbuhan dan perkembangannya secepat ini juga merupakan salah satu hasil riset para ilmuwan jaman dulu. Cloud computing sendiri dimulai ketika pada tahun 1960 seorang ilmuwan komputer John McCarthy menulis sebuah artikel berjudul “computation may someday be organized as a public utility.”
 
Pengertian Cloud Computing
Secara umum, definisi cloud computing (komputasi awan) merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis internet (awan) yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer – komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama, tetapi tak semua yang terkonekasi melalui internet menggunakan cloud computing.
 
Penerapan Cloud Computing Pada Perusahaan
adalah suatu pergeseran dari perusahaan dalam membeli dan memelihara server dan aplikasi on-premise yang mahal, dan bergerak menuju metode penyewaan IT, sesuai dengan kebutuhan, dari satu penyedia layanan public cloud.
 
Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Cloud Computing Pada perusahaan tersebut.
 
Kelebihannya adalah salah satu yang bisa dianggap keunggulan teknologi ini adalah data terpusat berada di server. Teknologi ini memiliki fleksibel dengan mudahnya dalam mengakses data anda dimanapun dan kapanpun. Keuntungan lainnya anda dapat menambah atau mengurangi spesifikasi atau sumber daya dari kapasitas server yang digunakan. Dengan teknologi cloud computing, dapat menghemat biaya investasi untuk membeli sebuah server atau computer fisik.
 
Kekurangannya adalah selalu ada resiko data user dapat diakses oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Internet merupakan satu satunya jalan menuju cloud computing. Dengan menggunakan system komputasi awan berarti anda mempercayakan sepenuhnya atas keamanan dan kerahasiaan data data kepada cloud provider.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar